Selasa, 24 Maret 2015

Cumi Udang Saos Tomat

 


Masakan ini saya bikin, atas ide dari anak kedua saya, ingin dibuatkan udang ala restoran yang ada saos tomatnya. Saya tidak ingin menggunakan saos tomat botolan, karena saya sudah lama berusaha tidak menggunakan saos tomat botolan maupun bumbu penyedap lainnya ke dalam masakan saya. Saya ingin  yang alami. Jadilah ini... tetap enak, tanpa bumbu penyedap dan tanpa pengawet yang biasanya ada di dalam saos tomat botolan. Coba deh... lebih sehat tentunya... tapi jangan sering-sering karena cumi dan udang dapat memicu kolesterol tinggi...hehehe...


Bahan : 
Cumi 1/2 kg
Udang 1/4 kg

Bumbu : 
Cabe merah 5 buah iris tipis
Bawang putih 3 siung di iris tipis
Bawang bombay ukuran besar diiris tipis
Tomat 5 buah ukuran sedang
Jahe 1 ruas jari
Daun jeruk 5 lembar
Garam 
Gula 
Minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya : 
Cuci udang dan cumi hingga bersih, buang tinta hitamnya, potong-potong sesuai selera. Beri jeruk nipis dan garam diamkan 15 menit. Blender semua tomat hingga halus. Tumis bawang putih, bombay, cabe, jahe, daun jeruk hingga harum, masukkan udang dan cumi yang telah dicuci bersih. Setelah setengah matang, masukkan tomat yang sudah diblender sebagai saosnya, aduk rata, tambahkan garam dan gula secukupnya. Beri air sedikit. Agar kuahnya kental, beri satu sendok makan tepung mazena yang sudah dicairkan. Diamkan hingga mendidih. Setelah kuah agak kering, angkat. Makan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar