Jumat, 14 Januari 2011

Ayam Swiki ala Uwak Kayak

Resep ini saya peroleh dari alm. Uwak Kayah, beliau pintar sekali memasak. Kalau ingat uwak kayah, saya jadi sedih... Dia sudah tua, janda, anaknya cuma satu, dan sakit pula. Uwak suka sekali datang ke rumah, katanya dia betah kalau tinggal dirumah saya. Terakhir dia datang sendiri, kami sedang tidak ada pembantu,  jadilah dia pulang cepat-cepat, karena takut merepotkan, katanya. Padahal dia kalau datang biasanya bisa lama di rumah, dan anak-anak saya sangat senang kalau ada uwak di rumah, karena masak jadi enak-enak, kata mereka. Ini salah satu resep dari beliau. Oya, beliau pernah menang lomba memasak tingkat DKI Jakarta pada saat beliau muda. Kalau datang ke rumah, masakannya macam-macam, sayang saya tidak sempat mencatatnya. Uwak sangat enak kalau masak buntil (daun singkong/pepaya isi teri dan kelapa).

Beberapa minggu setelah pulang dari rumah saya, dia sakit dan koma, lalu kemudian meninggal.. hiks... selamat jalan uwak... semoga amal ibadah uwak diterima oleh ALLAH SWT, Aminn.

Dan inilah resepnya Ayam Suwiki  ....

Bahan :
Daging Ayam tanpa tulang ½ kg
Jamur Tiram warna putih

Bumbu :
Lada
Bawang Bombay
Bawang Putih
Pala sedikit
Cabe merah besar
Kecap
Garam
Santan kental

Cara Membuat :
Rebus daging ayam, tiriskan, kemudian disuwir-suwir, demikian juga dengan jamur tiram juga disuwir-suwir memanjang. Goreng sebentar ayam yang sudah disuwir tadi. Selanjutnya, tumis semua bumbu, masukkan ayam dan jamur, tambahkan sedikit kecap, terakhir masukkan santan kental, aduk rata, angkat.
Sajikan selagi hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar